Selasa, 08 November 2011

Sultra Termasuk Daerah Rawan Bencana Alam


Sultra Termasuk Daerah Rawan Bencana Alam

AddThis Social Bookmark Button
Jakarta, 3/8 (SIGAP) - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) termasuk salah satu dari 18 provinsi di Indonesia yang merupkan daerah rawan terjadinya bencana alam, kata Kepala Pelaksana Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Sultra, Umar Abibu, di Kendari.
"Bencana yang rawan terjadi di Sultra adalah bencana banjir dan bencana angin puting beliung," katanya.
Dirinya mengatakan, kedua jenis bencana itu hampir terjadi merata di semua kabupaten/kota di Sultra, tetapi bencana banjir yang mengakibatkan kerugian besar kerap terjadi di Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Bombana dan Kabupaten Konawe Selatan.
"Sementara bencana puting beliung yang kerap meinimbulkan kerugian besar yakni terjadi di Kota Baau-Bau, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Muna, Kota Kendari," ujarnya. Ia mengatakan, bencana gempa bumi juga rawan terjadi di daerah ini, tetapi skalanya rata-rata tidak besar, tidak sampai merusak seperti bencana gempa yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia.
Dirinya juga mengatakan bahwa, dengan kondisi topografi Sultra yang merupakan provinsi kepulauan, ada potensi terjadinya bencana kecelakaan transportasi laut, terutama saat angin musim timur, kondisi itu mengancam keselamatan pelayaran antar pulau di daerah ini termasuk mengancam keselamatan para nelayan.
Peringatan dan informasi yang disampaikan Kepala BNPBD Sultra ini hendaknya ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat.
“Sosialisasi oleh pemerintah kepada masyarakat luas akan sangat bermanfaat. Sebab, peringatan dini  soal bencana sangat membantu masyarakat menghadapi bencana,” kata Ray Rangkuti, aktivis Lingkar Madani, kepada SIGAP, Selasa (3/8).
Selain itu, Ray berharap pemerintah pun dapat segera membuat peta bencana daerah-daerah lain yang memiliki kerawanan bencana. “Jamak kita ketahui, seperti dikemukakan para ahli bencana, negeri ini, potensi bencana alamnya relatif besar,” katanya. (laporan Sofyan Badrie/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI ORARI DERAH SULAWESI TENGGARA (YB8ZL)

MISI KAMI ADALAH HUMAN NATION & SOCIAL NETWORKING

TERIMAKASIH ATAS SARAN DAN MASUKAN ANDA

SALAM 0RARI 73 & 88